SAGU KEJU

11 views
SAGU KEJU,5 / 5 ( 1votes )

Resipi Masakan Nusantara Dan Petua Online, Hello jumpa lagi di blog masakanbundo.com,Kali ini saya ingin berbagi resipi – SAGU KEJU – Resepi Masakan 2017,resepi masakan ayam,resepi masakan kampung,resepi masakan ikan,resepi masakan sotong,resepi masakan daging,resepi masakan melayu,resepi masakan udang,resepi masakan telur,resepi masakan ikan kembung

23 Ramadhan 1438H

Bismillahirrohmanirrohim
Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Masih ada yang bikin cookies buat ngisi toples Lebaran? Atau malah udah banyak yang mudik karna anak-anak sudah libur sekolah? Mungkin kalau yang masih punya stok bahan cookies, bisa dicoba bikin sagu keju aka sake seperti yang saya buat ini. Resepnya yang ini beda dengan yang duluuuu banget pernah saya posting ya, mungkin bisa jadi alternatif resep sake. Enak yang mana bund? Kalau untuk saya yang memang penggemar sake, jawabannya ya enak semua hihihi.

Bikin sake tuh menurut saya memang perjuangan banget ya waktu nyetaknya, Beraaat kan nyepuitnya jadi memang harus sabar. Dulu saya pernah juga nyobain resep yang konon nyetaknya gak perlu pakai otot, tapi menurut saya hasilnya lebih enak yang adonannya berat waktu dicetak hehehe. Jadinya gak pernah nyobain lagi deh dan akhirnya rela deh “olahraga” waktu nyepuitnya hihihi.

Resep yang saya pakai ini adalah resep dari multi talented momy ci Tintin Rayner. Bahannya mirip-mirip sih dengan yang pernah saya posting dulu dan hasilnya juga enak. Pokoknya untuk penggemar sake harus nyobain deh. Untuk variasi saya juga bikin yang versi pandan, tapi hasilnya pucat gak cantik huhuhu.

Ready to bake ^^
SAGU KEJU

Bahan :
200 gr tepung sagu
1 kuning telur
70 gr gula pasir halus
70 gr butter
30 gr margarin
80 gr keju parut
30 ml santan kental instan
Taburan :
keju cheddar parut secukupnya
Cara Membuat :
1. Sangrai tepung sagu bersama 1 helai daun pandan hingga teksturnya terasa ringan. Angkat dan dinginkan.
2. Kocok dengan menggunakan mixer, butter, margarin dan gula. Cukup hingga asal rata saja, sekitar 1-2 menit.
3. Masukkan telur, kocok rata kemudian masukkan santan instan. Kocok hingga rata dan matikan mixer.
4. Masukkan parutan keju, aduk rata memakai spatula atau sendok kayu kemudian masukkan tepung sagu. Aduk hingga rata.
5. Masukkan adonan ke dalam piping bag yang sudah diberi spuit kemudian cetak di loyang yang dialas silpat atau dioles tipis margarin.
6. Taburi dengan keju parut kemudian panggang dengan suhu 140-150’C hingga matang. Oven saya sekitar 30 menit ya.
7. Angkat dan dinginkan di atas cooling rack.

Ada beberapa yang menanyakan bahan-bahan apa yang saya gunakan, saya memakai tepung sagu merk Alini, butter Anchor dan margarin-nya Blueband. Bukan promosi ya, cuma sekedar sharing aja. Tentunya bisa banget kalau memakai merk lain, yang pasti untuk bikin cookies, gunakan bahan berkualitas biar hasilnya enaaak. Sayang banget kan kalau hasilnya kurang enak karena bikin cookies tuh capek dan waktunya lamaaa hihihi.
Untuk keju parut di adonan bisa memakai edam atau parmesan ya, kalau saya kemarin pakai cheddar aja karena pas gak ada edam atau parmesan. Alhamdulillah enak-enak aja kok.
Selamat mencoba yaa…semoga bermanfaat ^^

Tags: #bahannya #jadinya #lebaran #membuat #mungkin #pokoknya #sangrai #taburi